Senin, 18 Agustus 2014

Cucu Jenderal Soedirman: Putusan MK Bisa Picu Perpecahan Bangsa


 Kubu Prabowo-Hatta mempersoalkan adanya kecurangan penyelenggaraan Pilpres seperti di Papua, Nias, dan Jawa Timur, yang digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Bila MK tidak memutus dengan baik, cucu Jenderal Soedirman, Bugiakso khawatir bisa memicu terjadinya perpecahan bangsa.

"Bilamana MK tidak bijaksana memutuskan kasus gugatan Pilpres 2014 maka dapat dipastikan akan memicu perpecahan bangsa yang akan sulit untuk disatukan kembali," kata Bugiakso di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (18/8/2014).

Ketua Umum Jenderal Soedirman Center itu berpendapat, perpecahan bangsa bisa timbul karena hasil Pilpres yang lemah legitimasinya. Bahkan, ia melihat peristiwa lepasnya Timor Timur bisa saja terulang.

"Konflik-konflik serupa sebagaimana terjadi di awal era reformasi dapat terulang termasuk potensi kehilangan berbagai provinsi dan daerah dari NKRI sebagaimana Timor Timur pada 1999," ujar Bugiakso.

Bugiakso menegaskan, Pilpres 2014 perlu menghasilkan pemimpin yang mempunyai legitimasi di mata rakyat dengan menghasilkan pemimpin yang kuat yang dapat mempersatukan NKRI.

Solusi untuk mendapatkan pemerintahan yang kuat, menurutnya, adalah melakukan pemilihan suara ulang (PSU). "Jenderal Soedirman Center menilai satu-satunya solusi yang adil dan bijaksana adalah PSU secara nasional," tandas Bugiakso.

sumber :
http://indonesia-baru.liputan6.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar